PRODUCT


Kami sediakan halaman ini untuk produk yang tersedia atau bisa dipesan.

We provide this page for products that are available or can be ordered

 

Apa Saja Fakta Terkini di Balik Suzuki Jimny Terbaru?

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 kemarin, sosok SUV kompak di booth Suzuki begitu menyita perhatian. Ya, sosok Suzuki Jimny yang legendaris nampaknya kembali menjadi magnet pameran, setelah pada 2017 lalu PT Suzuki Indomobil Motor, pemegang merek Suzuki di Tanah Air menampilkan generasi ketiga Jimny yang sukses terjual 88 unit sesuai kuota yang disediakan.

Kehadiran Suzuki Jimny generasi keempat ini pun sontak viral dan menuai respons positif para penyuka otomotif. Namun begitu, ada beberapa fakta yang setidaknya harus diketahui soal Suzuki Jimny terbaru, seperti disarikan di bawah ini:

 

1. Suzuki Indonesia mengaku jika Suzuki Jimny generasi keempat yang didatangkan ke GIIAS 2018 baru sebatas pameran dan studi, untuk kemudian mengkaji rencana penjualan dan perakitannya di Indonesia. Unit tersebut didatangkan utuh dari Jepang dan baru di-launching Juli lalu di sana dengan 8 pilihan warna.

2. Berdasarkan survei terhadap 1.500 orang yang datang ke GIIAS 2018 oleh pihak penyelenggara, ternyata Suzuki Jimny menjadi kendaraan paling favorit di kelas kategori Special Exhibit Passenger Car. Posisi Suzuki Jimny mengalahkan BMW i8 dan Mitsubishi E Evolution yang masing-masing berada di peringkat 2 dan 3. Tak heran jika dua Suzuki Jimny yang dipamerkan tak pernah sepi dari kerumunan pengunjung.

3. Presiden Joko Widodo yang datang di hari pertama pembukaan GIIAS 2018, langsung tertarik berkunjung ke booth Suzuki setelah melihat Jimny terbaru. Menurut Soebronto Laras, President Commisioner Suzuki Indomobil Motor, yang menemani orang nomor satu Indonesia itu menyebut, “Mengenai ngobrol bersama bapak Presiden Republik. Begitu (dia) lihat, 'wah ini Jimny yang baru ya?' Kenapa pak? 'mobil saya pertama itu adalah Suzuki Jimny'," cerita Soebronto.

4. Jika rencana perakitan Suzuki Jimny generasi keempat terjadi di Indonesia, maka yang akan dibuat adalah varian Sierra bermesin 1.500cc. Meski belum diputuskan untuk memakai sistem gerak 4x2 atau 4x4 dengan nilai pajak yang lebih tinggi.

5. Mengusung format yang sama dengan DNA yang sudah diusung selama 3 generasi. Karakter jip yang kokoh dan tangguh disajikan dalam dimensi yang sangat kompak. Ukurannya, membuat Jimny sangat sulit dibandingkan dengan merek lain. Panjangnya hanya 3,6 meter dengan lebar 1,6 meter dan tinggi 1,725 meter. Ground clearancenya pun khas SUV, 210 mm, menjamin daya jelajah lebih leluasa.

6. Suzuki Jimny yang akan diedarkan di Indonesia mesin yang digunakan sudah dipastikan unit K15B dengan tenaga mencapai 102 dk. Torsinya dimaksimalkan pada level 130 Nm.

7. Di Jepang, Suzuki Jimny terbaru ini dibanderol Rp 258-262 jutaan. Sementara varian Sierra atau model di bawahnya dijual Rp 228-241 jutaan tergantung transmisi dan sistem geraknya. Kalau jadi dirakit di Indonesia, perkiraan harga kabarnya masih bisa di bawah Rp 300 jutaan.

8. Meski inden Suzuki Jimny di Indonesia belum resmi dibuka, namun saat GIIAS 2018 kemarin, agen pemegang merek Suzuki sudah mencatat sekurangnya 500 pemesanan.

9. Desain interior Jimny terbaru di beberapa tempat masih mempertahankan dari model kedua (SJ40/SJ410/SJ413) yang beredar sepanjang 25 tahun. Yakni adanya handgrip di depan jok penumpang depan, dan meter cluster berbentuk kotak di balik setir. Meski beberapa fitur sudah modern, seperti audio steering switch, knob AC semi digital, headunit terintegrasi, dan sebagainya.

10. Roda standar Suzuki Jimny adalah 195/80R15 dengan velg 15x5,5 inci ber-inset 22. PCD-nya adalah 5x139,7 atau sama dari generasi pertama. Di Permaisuri tersedia pilihan velg yang sesuai dengan spesifikasi PCD dan karakter Suzuki Jimny. Di antaranya adalah keluaran Volk Racing tipe TE37X Progressive, Rays KC Decor: ALAP-J REDOT yang di-develop khusus Jimny, atau Enkei All Four. Masing-masing velg tersebut berukuran 16x5,5 inci, dengan berat per velgnya tak sampai 7 kilogram.

RELATED NEWS